Kamis, 26 Juli 2018

CEGAH KERUSAKAN EVAPORATOR DENGAN FILTER KABIN

Ahongsupercool Bungo

CEGAH KERUSAKAN EVAPORATOR DENGAN FILTER KABIN




Filter Kabin AC Mobil Dibutuhkan untuk Melindungi Kinerja Evaporator.Evaporator AC Mobil Berperan Penting dalam Memberikan Udara yang Sejuk bagi Pengendara

Filter kabin AC mobil dan Evaporator AC mobil merupakan 2 bagian penting yang dibutuhkan pada AC mobil. Kedua bagian ini memiliki fungsi masing-masing. Jika evaporator jelas sudah terpasang pada AC mobil, lain halnya dengan filter kabin. Ada mobil yang memiliki Filter Kabin dan ada yang tidak. Sayangnya, tidak semua pengguna kendaraan menyadari pentingnya memasang filter kabin AC.

Filter kabin AC mobil adalah sebuah alat yang umumnya terpasang di bagian dasboard mobil. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, filter kabin AC mobil tidak terlihat dari luar. Hal ini karena letaknya biasanya di bawah dasboard. Tidak semua kendaraan roda 4 memiliki filter kabin AC. Namun pada kendaraan keluaran baru rata-rata sudah tersedia slot untuk memasang filter kabin AC tersebut. Jadi anda bisa menambahkannya sendiri apabila ternyata mobil anda belum memilikinya. Harga filter kabin AC mobil bervariasi. Tergantung dari merk dan tipe mobilnya. Filter kabin AC mobil juga perlu penggantian secara berkala. Sebaiknya gantilah filter kabin AC mobil setiap 6 bulan sekali.  Fungsi utamanya adalah untuk menyaring udara sebelum masuk ke evaporator AC mobil. Jadi filter kabin AC mencegah debu, bakteri, dan partikel kecil lainnya masuk ke dalam evaporatorJika anda mempunyai masalah dengan bau pada kabin mobil anda, anda perlu melakukan pemeriksaan. Jangan-jangan pada AC mobil anda belum terpasang filter kabin. Segeralah lakukan pemasangan filter kabin agar bau tersebut bisa teratasi.


Bagi anda yang mudah sakit atau memiliki alergi terhadap debu, pemasangan filter kabin dapat mencegah anda dari gangguan kesehatan. Anda bisa menggunakan jenis filter kabin berbahan karbon yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab bau dan penyakit. Filter kabin Ac mobil akan membuat evaporator menjadi tidak mudah rusak. Sehingga AC dapat bekerja dengan normal. Udara sejuk yang dihasilkan dari AC akan tetap memiliki kualitas yang baik. Hal inilah yang membuat anda menjadi tetap nyaman berkendara. Pemasangan filter kabin membuat biaya perawatan rutin menjadi lebih hemat. Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan pun lebih singkat.

Akibat Kerusakan Filter Kabin AC Mobil
Filter kabin AC mobil dapat mengalami kerusakan. Jika filter kabin rusak, terdapat beberapa akibat yang muncul. Akibat tersebut antara lain:

  • Tercium bau tidak sedap di dalam mobil
  • Angin dari blower kurang terasa
  • Udara di dalam mobil kurang sejuk
  • Terjadinya kebocoran pada evaporator



Apa yang anda ketahui tentang Evaporator? Pada setiap AC terdapat komponen evaporator. Termasuk juga pada AC mobil. Evaporator adalah termasuk bagian AC yang vital. Umumnya satu kendaraan memiliki satu evaporator. Kecuali pada kendaraan-kendaraan besar. Kendaraan yang lebih besar bisa memiliki lebih dari 1 evaporator.
Evaporator AC mobil adalah komponen yang mengantarkan udara dingin ke dalam mobil. Letaknya di belakang slot filter kabin. Evaporator umumnya dibuat menggunakan bahan alumunium. Hal ini memunculkan kelebihan dan kekurangan. Penghantar suhu yang baik adalah kelebihannya. Sedangkan kekurangannya, bahan tersebut mudah keropos.

Indikator AC sudah waktunya diservis adalah suhu yang dihasilkan tidak sedingin sebelumnya.  Beberapa Masalah Yang Bisa Terjadi Pada Evaporator AC Mobil antara lain :
  • Evaporator kotor
  • Evaporator beku
  • Evaporator bocor





















               





Salah satu tindakan pencegahan yang bisa anda lakukan sebelum evaporator bocor adalah dengan membersihkan kabin secara rutin dari debu dan kotoran. sehingga kualitas udara yang anda hirup dalam mobil menjadi lebih baik.

Pentingnya perawatan berkala sebuah AC sangat kami tekankan. Untuk AC mobil lakukan servis atau perawatan berkala setiap 8 hingga 12 bulan sekali. Saat ini jarak tempuh tidak bisa menjadi tolak ukur karena kondisi jalan yang macet menyebabkan kerja AC semakin lama.
Sebenarnya, awet dan tidaknya filter kabin dan evaporator AC mobil adalah tergantung pada kebiasaan penggunanya. Kebiasaan buruk seperti merokok & makan di dalam mobil dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras. Tentu hal ini akan menyebabkan setiap bagian pada AC lebih cepat rusak.

Semoga berguna..
Konsultasikan AC Mobil Anda pada Ahlinya
Sayonara Panasss 🚗🚘
Jl. Lebay hasan Sei.Pinang Muara Bungo ( 100m dari simp.tengek )
Telp / WA : 082378978751
Facebook : https://www.facebook.com/Supercoolacbungo
Instagram : https://www.instagram.com/acmobilbungo/
Email : supercoolac888@gmail.com



Jeda
-0:12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar